Please select your language..

Welcome !!!

Welcome to my Blog !!! Don't forget to fill the shout box.. Please enjoy my own Blog... =) "Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini-1 dan disini-2"


Guo Nian (Imlek)

Hallo,,akhirnya bisa ngeblog juga..
Walaupun besok adalah Hari Imlek / Guo Nian..=)
Besok adalah hari dimana Masyarakat keturunan Chinese akan merayakan hari tahun barunya..Karena tahun baru maka hari ini adalah seperti tanggal 31 Desember yang akan beralih ke Tahun selanjutnya..Tetapi perbedaannya adalah bahwa hanya orang chinese yang merayakannya,,apabila tahun baru benar2 semua orang didunia ikut merayakannya..=)

Seperti yang kita ketahui, perayaan ini biasanya ditandai dengan berkumpulnya keluarga - keluarga besar untuk saling mengucapkan selamat tahun baru, juga semakin menarik perhatian karena bagi mereka yang belum menikah akan mendapat Ang Pao (Hong Bao / Red Envelope) dari para saudara-saudaranya yang sudah menikah..Ini adalah suatu tradisi yang sudah turun-temurun..Walaupun kita sudah mempunyai penghasilan sendiri, namun tetap bagi yang belum menikah tidak boleh memberi Ang Bao karena menurut kepercayaan, apabila orang tersebut memberi Ang Bao, maka ia akan sulit mendapatkan pasangan hidup...=|

Asal - usul / sejarah Ang Bao ?
Pasti anda pernah bertanya - tanya mengapa kita diberi Ang Bao? Menurut keterangan yang pernah saya dengar begini ceritanya..
Pada hari raya tahun baru imlek,, ada satu monster yang sangat menyukai anak kecil untuk menjadi santapannya, namun ternyata monster ini sangat takut warna merah, maka para anak kecil diberi Hong Bao yang berarti bungkusan merah, yang biasanya berisi uang sebagai simbolis pembagian rejeki kepada saudara - saudara kita..Maka dengan diberikannya Hong Bao ini anak - anak pun terlindungi dan tidak dimakan oleh sang monster..Begitu kepercayaannya..=)

Apa bedanya Ang Bao dan Hong Bao ?
Pada dasarnya semua arti sama,,yaitu berujung pada red envelope atau bungkusan merah..Namun Ang Bao adalah dalam Bahasa Hokian dan Hong Bao dalam Bahasa Mandarin..Hokian adalah Bahasa daerah,,hampir mirip dengan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia..=)





0 comments:

Post a Comment

Thx for Comment !!!

My Menu

    http://www.joelioujesus.blogspot.com


    My status

My Index

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Iklan / Advertisement



Julio Reinaldo © 2008. Blog design by Randomness